PROFIL MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAWE SIGALA-GALA

Febrina (2023), PROFIL MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAWE SIGALA-GALA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pelajaran fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang termasuk dalam IPA. Pendidikan IPA menjadikan siswa tidak hanya mengetahui dan menghafal konsep-konsep IPA saja, tapi harus mampu membuat siswa memahami konsep-konsep dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Pemahaman konsep tersebut memberikan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui jenis miskonsepsi yang dialami siswa dalam mengerjakan soal-soal fisika pada kelas XI SMA Negeri 1 Lawe Sigala-gala. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan responden sebanyak 35 siswa-siswi. Instrumen Diagnostik tes menggunakan soal tes dalam bentuk pilihan ganda beserta alasannya yang dilengkapi dengan indeks CRI siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata 24,85% siswa termasuk dalam kategori paham konsep, 7,13% siswa termasuk dalam kategori paham konsep tetapi kurang yakin, 33,42% siswa termasuk dalam kategori tidak tahu konsep, 34,56% siswa termasuk dalam kategori miskonsepsi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hampir semua siswa mengalami miskosepsi dengan nilai rata-rata 34,56% terhadap materi cahaya. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi ini tergolong dalam tingkat sedang. Jenis miskonsepsi yang paling banyak terjadi pada penelitian ini adalah jenis korelasional yaitu siswa salah dalam menghubungkan suatu konsep.

Kata kunci : Miskonsepsi, Cahaya, CRI, Diagnostik Tes

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Febrina
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 01-11-2023 16:08
Terakhir diubah : 07-11-2023 09:59
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4898
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!