PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN KELAS X DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Maduri Putri (2022), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN KELAS X DI SMA NEGERI 5 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada materi gerak melingkar beraturan kelas X di SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana peneliti menganalisa data hasil penerapan model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasy eksperimental design atau eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui besarnya perbedaan antara variabel-variabel yang menjadi objek penelitian. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 111 siswa, Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yaitu dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 siswa, dan kelas X IPA 3 berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Semua sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal yaitu X2hitung (5,78) < X2tabel (9,21) dan mempunyai variansi yang sama (homogen) yaitu nilai Fhitung ≤ Ftabel (1,09 < 2,12). Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi gerak melingkar beraturan kelas X di SMA N 5 Langsa. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung adalah 4,69 sedangkan nilai ttabel untuk dk 40 pada taraf signifikan α= 0,05 adalah 1,68. Yaitu, nilai thitung ≥ ttabel (4,7 ˃ 1,68), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Kata kunci : problem based learning, Pretest-Postest Control Group Design, Quasy eksperimental design

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Maduri Putri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 20-03-2024 14:55
Terakhir diubah : 05-04-2024 09:51
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5570
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!