PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUALISASI GERAK PELURU BERBASIS VBA EXCELL UNTUK MENINGKATKAN ATTITUDE TOWARD PHYSICS LABORATORY DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Maqamam Mahmuda (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUALISASI GERAK PELURU BERBASIS VBA EXCELL UNTUK MENINGKATKAN ATTITUDE TOWARD PHYSICS LABORATORY DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Media dalam pembelajaran merupakan sarana yang dipergunakan sebagai perantara komunikasi guna menyampaikan pesan berupa ilmu pengetahuan dari berbagai sumber ke peserta didik. Untuk itu pembelajaran fisika menjadi salah satu pembelajaran yang banyak memerlukan media untuk menjelaskan materi maupun konsep. Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran visualisasi gerak peluru berbasis VBA Excell yang valid dan teruji untuk meningkatkan attitude toward physics laboratory dan pemahaman konsep siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMA berjumlah 36 siswa. Metode Penelitian menggunakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan rancangan model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran visualisasi gerak peluru Berbasis VBA Excell secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan Attitude Toward Physics Laboratory, dengan melakukan dua kali sesi test terhadap siswa, yaitu tes awal (pretest) untuk mengukur pemahaman awal siswa sebelum menggunakan media pembelajaran dan tes akhir (posttest) untuk mengukur pemahaman akhir siswa setelah menggunakan media pembelajaran, dimana hasil rata-rata uji N-Gain Score yang diperoleh adalah 0,56 atau 55,80% termasuk dalam kategori sedang. Serta hasil persentase angket attitude toward physics laboratory terhadap media pembelajaran yang sudah di uji cobakan diperoleh nilai persentase rata-rata 87,32% dengan kategori sangat baik, sehingga membuat sikap siswa terhadap fisika didalam pembelajaran ini memiliki sikap yang positif.

Kata kunci : Media Simulasi, Pemahaman Konsep, dan Attitude Toward Physics Laboratory

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Maqamam Mahmuda
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 05-04-2023 14:46
Terakhir diubah : 25-05-2023 10:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4038
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!