IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA LOGGER PRO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Sinta Nuriah (2024), IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING BERBANTUAN MEDIA LOGGER PRO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Keterampilan berpikir kritis adalah potensi yang ada pada setiap individu, bisa dinilai, ditingkatkan, dan diperbaiki. Penting untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, karena hal ini mampu meningkatkan kecerdasan siswa. Penelitian bertujuan untuk melihat efektivitas keterampilan berpikir kritis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran experiential learning berbantuan media logger pro. Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimental dengan menggunakan non equivalent control group design. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas control dengan jumlah 25 siswa. Instrumen pengumpulan data berupa soal essay berjumlah 9 soal yang mencakup 6 indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada indikator focus sebesar 0,84, reason sebesar 0,75, inference sebesar 0,60, situation sebesar 0,65, clarity sebesar 0,75,dan overview sebesar 0,67. Skor rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis secara keseluruhan pada kelas eksperimen yaitu 0,75 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol yaitu 0,35 dengan kategori sedang. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan (0,000 < 0,05) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran experiential learning berbantuan media logger pro lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran Experiential Learning, Media Logger Pro, Keterampilan Berpikir Kritis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Sinta Nuriah
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2024)
Tanggal disimpan : 20-11-2023 15:40
Terakhir diubah : 29-11-2023 15:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4970
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!