DESAIN LKPD BERMUATAN ETNOFISIKA ACEH “GEULENGKUE TEU PEU POE” BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI GERAK PARABOLA

VIRNALITA (2023), DESAIN LKPD BERMUATAN ETNOFISIKA ACEH “GEULENGKUE TEU PEU POE” BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI GERAK PARABOLA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pembelajaran fisika pada materi gerak parabola masih menggunakan metode ceramah dengan sumber belajar berupa buku cetak dan belum dapat mengukur keterampilan proses sains siswa sehingga peneliti melakukan penelitian bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang valid dan teruji dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Peureulak. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan tahapan Borg and Gall. Desain pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah guru bidang studi fisika dan siswa kelas X MIPA 1 berjumlah 3 guru dan 25 siswa. Hasil desain LKPD sesuai dengan K-13 dengan menerapkan tahapan indikator keterampilan proses sains. Perolehan data dinyatakan valid dengan persentase rata-rata 84,1% oleh kedua validator, dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan rata-rata 95,4%, mendapatkan respon sangat baik dari guru dengan persentase rata-rata 96,7%, dan mendapatkan respon sangat baik dari siswa dengan persentase rata-rata 96,3%. Instrumen penelitian berupa angket dan tes keterampilan proses sains pilihan berganda. LKPD yang digunakan cukup efektif untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata nilai gain sebesar 0,47 dengan interpretasi sedang.

Kata kunci : Desain LKPD, Keterampilan Proses Sains (KPS), Gerak Parabola

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : VIRNALITA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 15-06-2023 15:36
Terakhir diubah : 26-09-2023 15:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4297
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!