ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN DI SMP NEGERI 9 LANGSA

Devi Putri Wahyuni (2022), ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FISIKA KELAS VIII PADA MATERI TEKANAN DI SMP NEGERI 9 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan berpikir kritis adalah suatu kemampuan memperoleh kesimpulan yang tepat dengan didasarkan pada pemikiran yang sistematis dan beralasan sehingga mampu memberikan banyak alternatif dari setiap hasil pemikirannya. Berpikir kritis juga merupakan suatu proses yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk membuat keputusan yang penting yang masuk akal terhadap apa yang harus dipercaya serta apa yang harus dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal pelajaran fisika kelas VIII pada materi tekanan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah kelas VIII.1 SMP Negeri 9 Langsa dengan jumlah sisawa 36 orang . Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu dengan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa Observasi, Wawancara, Soal Tes dan dokumentasi serta instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan soal tes pilihan ganda beralasan berjumlah 36 soal. Kemampuan berpikir kritis siswa dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori yaitu, sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Oleh sebab itu, persentase ketercapaian setiap indikator kemampuan berpikir kritis adalah untuk inikator ke-1 memberikan penjelasan sederhana memperoleh 71,60% dengan kategori cukup, indikator ke-2 membangun keterampilan dasar memperoleh 72,80% dengan kategori cukup, dan indikator yang ke-3 membuat inferensi memperoleh 87,10% dengan kategori baik. Dimana hasil dari penelitian ini secara keseluruhan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 9 Langsa adalah 72,2% dengan kategori cukup

Kata kunci : Berpikir, Indikator, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Devi Putri Wahyuni
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2022)
Tanggal disimpan : 01-11-2022 12:13
Terakhir diubah : 02-11-2022 16:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3412
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!