ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM IMPLEMENTASI STEM-PJBL

RISMAWATI (2023), ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM IMPLEMENTASI STEM-PJBL. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi siswa sekolah menengah atas setelah diimplementasikan STEM-PjBL pada materi Gerak Parabola. Metode penelitian menggunakan Quasi Experimental dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest penelitian. Sampel penelitian sebanyak 15 siswa/i SMA dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan keterampilan kolaborasi peserta didik dengan rubrik penilaian dan angket skala sikap penilaian diri sendiri dan penilaian teman kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji paired sampel t-test untuk melihat ada tidaknya peningkatan kolaborasi siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran PjBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa pada tiap indikator kontribusi (78,3% dengan kategori baik), manajemen waktu (75% kategori baik), fokus pada tugas (68,3% kategori baik), bekerja dengan orang lain (88,3% kategori sangat baik) dan tanggung jawab (67,3% kategori baik). Selanjutnya hasil uji paired sampel t-tes data sebelum dan sesudah menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan kolaborasi secara signifikan 0,00<0,05. Diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan model PjBL-STEM pada matri atau topik lainnya di sekolah.

Kata kunci : (1). Dr. HENDRI SAPUTRA, M.Pd. (2). DONA MUSTIKA, S.Pd., M.PFis.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RISMAWATI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 04-09-2023 15:05
Terakhir diubah : 04-09-2023 15:06
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4429
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!