PEMBELAJARAN KONSEP ENERGI TERBARUKAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL SISWA

EMMI VIORENCE (2023), PEMBELAJARAN KONSEP ENERGI TERBARUKAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MODEL MENTAL SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perubahan dan peningkatan model mental siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi energi terbarukan di kelas eksperimen. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest posttest control group design. Sampel penelitian sebanyak 46 siswa kelas X, yang terdiri dari 23 siswa kelas eksperimen dan 23 siswa kelas kontrol di SMA N 1 Langsa, kota Langsa, Aceh. Instrumen yang digunakan adalah soal kognitif berupa tes uraian berjumlah 6 butir soal untuk mengukur level pemahaman siswa terhadap model mentalnya. Uji hipotesis model mental siswa menggunakan Independent Sample T-Test, N-Gain dan analisis deskriptif untuk data respon siswa. Hasil analisis data menggunakan persentase Gain dinormalisasi menunjukkan bahwa (1) perubahan model mental siswa di kelas eksperimen sebelum perlakuan lebih dominan berada pada level model mental synthetic dan sesudah perlakuan mengalami perubahan menjadi dominan berada pada level model mental scientific. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran berbasis augmented reality berpengaruh terhadap model mental siswa. (2) Pembelajaran berbasis augmented reality dapat meningkatkan model mental siswa secara signifikan. Hal ini terlihat dari hasil uji uji T kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000. Skor rerata N-Gain kel as eksperimen adalah sebesar 0,82 berkategori tinggi, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 0,38 berkategori sedang. Model mental siswa di kelas eksperimen setelah perlakuan lebih unggul berada pada level model mental scientific dibandingkan level model mental siswa di kelas kontrol yang tetap berada pada level model mental synthetic setelah perlakuan.

Kata kunci : Augmented Reality, N-Gain, Model Mental

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : EMMI VIORENCE
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 09-10-2023 16:05
Terakhir diubah : 17-10-2023 11:41
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4701
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!