ANALISIS KEMAMPUAN TPACK GURU FISIKA SMA DI TANJUNG BALAI

Deviona Aurora (2024), ANALISIS KEMAMPUAN TPACK GURU FISIKA SMA DI TANJUNG BALAI . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

TPACK merupakan kerangka kerja (framework) yang dirancang untuk memahami hubungan antara pengetahuan mengenai pengajaran dan penggunaan teknologi. TPACK menekankan hubungan antara teknologi, konten, dan metode pengajaran tertentu yang menunjukkan bagaimana pemahaman guru tentang teknologi, metode pengajaran, dan konten dapat saling mempengaruhi yang menghasilkan pengajaran berbasis mata pelajaran yang efektif dengan teknologi pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kompetensi guru pada aspek Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) guru Fisika SMA di Tanjung Balai Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 8 guru fisika dari 7 SMAN di Tanjung Balai yang terdiri dari 2 guru SMAN 1, 1 guru SMAN 2, 1 guru SMAN 3, 1 guru SMAN 4, 1 guru SMAN 5, 1 guru SMAN 6 dan 1 guru SMAN 7. Instrument yang digunakan adalah angket, observasi dan wawancara sebagai pendukung. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : kemampuan guru fisika pada ke 7 komponen tergolong sangat baik dengan persentase nilai rata-rata 90,29 yang dapat dibuktikan juga dengan beberapa wawancara dari guru yang menjelaskan kemampuan dan pengetahuan mereka pada setiap komponen.

Kata kunci : TPACK, Guru Fisika, Framework

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Deviona Aurora
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2024)
Tanggal disimpan : 22-02-2024 13:20
Terakhir diubah : 15-03-2024 10:52
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5404
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!