PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) MENGGUNAKAN SAINTIFIK APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI MAN 1 LANGSA

Alvahra Ridwana (2024), PEMBELAJARAN PJBL (PROJECT BASED LEARNING) MENGGUNAKAN SAINTIFIK APPROACH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI MAN 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Keterampiran Proses Sains (KPS) adalah kemampuan peserta didik untuk berfikir secara ilmiah dalam pembelajaran untuk memahami, mengembangkan dan menemukan suatu pengetahuan sesuai dengan fenomena yang terjadi. Pembagian KPS yaitu, KPS dasar dan KPS terintegrasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model PjBL (Project Based Learning) dan saintifik Approach. Penelitian ini menggunakan metode quasi ekperimental (eksperimen semu) dengan desain pretest posttest only control design. Subjek penelitian sebanyak 34 siswa kelas X, yang terdiri dari 16 siswa kelas eksperimen dan 18 siswa kelas kontrol di MAN 1 Langsa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian yang berjumlah 12 butir soal untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Uji hipotesis keterampilan proses sains siswa menggunakan Independen Sample t-test, N-Gain ternormalisasi. Hasil analisis data menggunakan presentase N-Gain dinormalisasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model PjBL (Project Based Learning) dan saintifik Approach secara signifikan (0,000 < 0,005). Hal ini terlihat dari hasil uji t kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan sig. (2- tailed) adalah sebesar 0,001. Keterampilan proses sains siswa dilihat pada data observasi yang mengalami peningkatan terbesar pada indikator mengidentifikasi variabel, menyusun hipotesis, menyusun tabel data, menggambarkan hubungan antar variabel, merumuskan variabel secara operasional, memperoleh serta memproses data, menganalisis investigasi merancang investigasi dan melakukan eksperimen termasuk pada kategori baik sekali. Pada indikator menyusun grafik termasuk kategori baik, pada indikator ini sedikit lebih rendah dari indikator lainnya dan nilai rerata hasil observasi terdapat pada kategori baik sekali.

Kata kunci : Model PjBLSaintifik Approach, Keterampilan Proses Sains

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Alvahra Ridwana
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2024)
Tanggal disimpan : 22-02-2024 09:49
Terakhir diubah : 06-03-2024 11:58
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5401
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!