PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VII SMP NEGERI 7 LANGSA

MUTIA RAHMATIKA (2023), PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VII SMP NEGERI 7 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Perkembangan teknologi diera saat ini menuntut penggunaan alat bantu atau media pembelajaran menjadi semakin luas dan interaktif seperti adanya komputer dan internet, media animasi dan media gambar dapat digunakan sebagai media yang inovatif bagi peserta didik agar lebih aktif dan kreatif dalam berimajinasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran menggunakan media animasi dan media gambar di kelas VII SMP Negeri 7 Langsa. Design penelitian menggunakan True-eksperimental dengan Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VII dengan teknik pengambilan sampel Simple random sampling, kelas VII.1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen I menggunakan media animasi dan kelas VII.2 ditetapkan sebagai kelas eksperimen II menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif berupa soal pretest dan posttest, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas eksperimen animasi dan gambar dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,353. Diharapkan guru mampu memilih dan menentukan media pembelajaran yang bervariasi dan kreatif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Media Animasi, Media Gambar, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MUTIA RAHMATIKA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 12-09-2023 08:50
Terakhir diubah : 12-09-2023 08:50
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4512
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!