PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) TERHADAP MODEL MENTAL SISWA DI SMP N 5 LANGSA

Megawati Putri Simamora (2024), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, AND EXPLANATION) TERHADAP MODEL MENTAL SISWA DI SMP N 5 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pembelajaran IPA di SMP N 5 Langsa didapatkan bahwa pemahaman konsep siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan banyaknya guru hanya menyampaikan materi saja sehingga siswa menjadi kurang aktif. Salah satu tujuan belajar sains yaitu untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam proses belajar, mengonstruksi, merevisi serta membangun model mental sendiri dan tidak hanya mengadaptasi model mental dari orang lain dan diterima begitu saja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) terhadap model mental siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non-equivalent pretest posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 54 siswa kelas VIII yaitu kelas V111-1 dan kelas V111-2, terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes uraian yang berjumlah 9 butir soal untuk mengukur model mental siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,86 (kategori tinggi) dan skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,44 (kategori sedang) dengan nilai sig 2-tailed (0,000 < 0,05) pada model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) dalam meningkatkan model mental siswa dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa (2) penerapan model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) berpengaruh terhadap model mental siswa. Penerapan model pembelajaran POE (Prediction, Observation and Explanation) dapat meningkatkan model mental siswa secara signifikan. (3) Model mental siswa di kelas eksperimen setelah perlakuan lebih unggul berada pada level model mental scientific dibandingkan dengan level model mental siswa di kelas kontrol yang tetap berada pada level model mental synthetic setelah perlakuan.

Kata kunci : POE (Prediction, Observation and Explanation), Model Mental.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Megawati Putri Simamora
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2024)
Tanggal disimpan : 17-02-2024 17:10
Terakhir diubah : 23-02-2024 09:12
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5383
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!