PENGEMBANGAN PROBLEM BASED LABORATORY STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA

MUTIA SARI (2023), PENGEMBANGAN PROBLEM BASED LABORATORY STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran PBL-STEM pada materi Listrik Dinamis. Metode penelitian menggunakan Research and Development (RND) model Borg and gall dengan tahapan pengumpulan informasi awal, perencanaan, desain produk, validasi produk, uji coba produk, revisi produk. Penelitian dilakukan pada satu kelas eksperimen menggunakan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian sebanyak 29 siswa/i SMA dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan soal tes berbentuk essay dilengkapi dengan rubrik penilaian. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan model PBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis N-Gain score 0,71 kategori tinggi. Selanjutnya hasil uji paired sample t-tes data pretest dan posttest menunjukkan model PBL-STEM dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis secara signifikan (0,00<0,05).

Kata kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, PBL-STEM, Listrik Dinamis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MUTIA SARI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Fisika (2023)
Tanggal disimpan : 04-09-2023 11:40
Terakhir diubah : 04-09-2023 11:40
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4425
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!