SISTEM PENCARIAN PENDONOR DARAH TERDEKAT MENGGUNAKAN METODE SPHERICAL LAW OF COSINES (SLOC) BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS)

Muhammad Farhan (2024), SISTEM PENCARIAN PENDONOR DARAH TERDEKAT MENGGUNAKAN METODE SPHERICAL LAW OF COSINES (SLOC) BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Donor darah merupakan kegiatan penyumbangan darah yang dilakukan secara sukarela oleh masyarakat sekitar untuk disimpan di bank darah sebagai stok dengan tujuan membantu transfusi darah bagi orang yang membutuhkan. Namun, masalah yang banyak terjadi adalah permintaan dan ketersediaan akan darah yang tidak pasti, sulit untuk dikontrol, dan banyak terjadi kondisi di mana pasien kesulitan mendapatkan darah. Sehingga rumah sakit menyerahkan persoalan ketersediaan darah tersebut kepada keluarga pasien. Sementara itu pihak keluarga kesulitan mencari donor pengganti hingga akhirnya nyawa pasien pun tidak bisa diselamatkan. Untuk itu diperlukan sistem yang dapat digunakan agar memudahkan pencarian pendonor darah dalam waktu yang lebih cepat. Penelitian ini mengembangkan sistem untuk pencarian pendonor darah dan diurutkan berdasarkan jarak terdekatnya. Sistem ini menggunakan metode Spherical Law of Cosines (SLOC) untuk menghitung jarak antara pencari donor dan calon pendonor. Penelitian ini menggunakan data pengguna yang telah terdaftar pada sistem. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Dart dan framework Flutter serta berbasis Geographic Information System (GIS). Uji coba sistem dilakukan dalam 2 kategori, yaitu pengujian jarak dan pengujian black box. Hasil dari pengujian penelitian ini menampilkan hasil dari 20 kali pengujian jarak memiliki selisih rata-rata 3,019 m dan persentase kesesuaian 99,9005%. Dan pengujian black box menunjukkan sistem dapat menampilkan hasil pencarian pendonor darah berdasarkan jarak terdekat.

Kata kunci : Sistem_Pencarian_Pendonor_Darah, Jarak_Terdekat, Donor_Darah, Spherical_Law_of_Cosines, Geographic_Information_System

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Farhan
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2024)
Tanggal disimpan : 27-03-2024 15:13
Terakhir diubah : 19-04-2024 09:55
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5610
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!