PENERAPAN TEXT MINING PADA PENGECEKAN KEMIRIPAN JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTEK MENGGUNAKAN ALGORITMA TF-IDF DAN COSINE SIMILARITY

Fatimah Zahara (2024), PENERAPAN TEXT MINING PADA PENGECEKAN KEMIRIPAN JUDUL LAPORAN KERJA PRAKTEK MENGGUNAKAN ALGORITMA TF-IDF DAN COSINE SIMILARITY . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kerja praktek merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa Program Studi Informatika, Universitas Samudra. Dimana setelah melakukan kegiatan kerja praktek, mahasiswa diharuskan untuk membuat laporan kerja praktek masing-masing. Pembuatan laporan kerja praktek diambil berdasarkan suatu tema atau judul yang tidak boleh sama antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Dalam menentukan judul laporan kerja praktek ini, memungkinkan terjadinya kemiripan judul antar mahasiswa satu dengan mahasiswa lainnya baik secara disengaja maupun tidak disengaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentasi kemiripan judul laporan kerja praktek yang akan di ajukan oleh mahasiswa dengan judul laporan kerja praktek terdahulu pada Program Studi Informatika, Universitas Samudra. Banyaknya bobot kata dan kesamaan antar kata dapat mempengaruhi nilai persentase. Tingkat akurasi sistem pengecekan kesamaan judul menggunakan TF-IDF dan cosine similarity dengan nilai rata-rata sebesar 0,995333 atau 99,53%. Hasil kasus sampel perhitungan persentase kemiripan dengan judul yang dipilih untuk menjadi judul pembanding adalah “Sistem Informasi Kepegawaian Dinas Pemuda, Olahraga dan pariwisata Kota Langsa”. Sedangkan judul yang diuji adalah “Sistem Pemilihan Tempat Wisata Kota langsa” menggunakan TF-IDF dan algoritma cosine similarity yaitu 88,1 1%. Term yang terdapat pada database adalah sebanyak 28.719.

Kata kunci : Text Mining, TF-IDF, Cosine Similarity, Kerja Praktek

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Fatimah Zahara
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Informatika (2024)
Tanggal disimpan : 12-02-2024 12:31
Terakhir diubah : 20-02-2024 11:24
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5356
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!