PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DIKELAS X SMA NEGERI 2 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MARINA SYAHRIN (2018), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DIKELAS X SMA NEGERI 2 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Student Team Achievement Division adalah model dimana seorang guru
membagikan beberapa kelompok kesiswa. Model pembelajaran Student Team
Achievement Division salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan
minat pemahaman siswa, dan prestasi belajar siswa karena guru dituntut untuk
menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang aktif dalam kelompoknya, sehingga
siswa menjadi termotivasi dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Adapun tujuan
penilitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan
dengan penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division dan
untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan
model Student Team Achievement Division untuk meningkatkan hasil belajar siswa
secara signifikan pada materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Langsa.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Langsa, populasi keseluruhan siswa kelas
X yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 82 siswa sampel yang diambil secara random
sehingga terpilih kelas X.MIPA.1 sebagai kelas yang menerapkan model Student
Team Achievement Division dengan jumlah 27 siswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen dan instrumen yang digunakan peneliti ini
berupa tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil
belajar siswa secara signifikan dengan penerapan model pembelajaran Student Team
Achievement Division pada materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Negeri 2
Langsa berdistribusi normal. Dan besar peningkatan hasil belajar siswa secara
signifikan dengan penerapan model Student Team Achievement Division pada materi
keanekaragaman hayati dikelas X SMA Negeri 2 Langsa sebesar thitung 2,23. Saran
diharapkan kepada guru bidang studi untuk menggunakan model pembelajaran
Student Team Achievement Division pada materi keanekaragaman hayati dikelas X
dan materi-materi pelajaran biologi lainnya. Yang di anggap sesuai, karena dengan
menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division.

Kata kunci : Model Student team Achievement Divison, Keanekaragaman hayati, meningkatkan hasil belajar.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MARINA SYAHRIN
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 15-01-2019 11:32
Terakhir diubah : 15-01-2019 11:32
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=48
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!