PENERAPAN ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI TEH HERBAL ALAMI DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) CV. ATLANTIC DI DESA TANJUNG ARA KECAMATAN TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

RISMA YANI (2023), PENERAPAN ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUKSI TEH HERBAL ALAMI DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) CV. ATLANTIC DI DESA TANJUNG ARA KECAMATAN TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor strategi yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada strategi pengembangan usaha produksi teh herbal alami daun kelor (Moringa oleifera ) di Desa Tanjung Ara Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode survei. Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada strategi pengembangan usaha produksi teh herbal alami daun kelor (Moringa oleifera) di Desa Tanjung Ara Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara dengan menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities dan Threats), dengan melalui analisis ini diperoleh alternatif serta prioritas strategi dari berbagai alternatif faktor strategi internal dan eksternal. Responden untuk inventarisasi faktor strategi internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap strategi pengembangan usaha produksi teh herbal alami daun kelor (Moringa oleifera ) ditetapkan secara sengaja sebanyak 5 orang responden dari informan kunci. Hasil penelitian dari analisis gabungan matriks IFAS dan EFAS memperoleh alternatif strategi SO dengan nilai skor sebesar 3,876 skor, strategi WO dengan nilai skor sebesar 2,592 skor, strategi ST dengan nilai skor sebesar 2,860 skor dan strategi WT dengan nilai skor sebesar 1,576 skor. Hal ini menunjukkan bahwa strategi SO memiliki skor paling tinggi. Artinya strategi strategi pengembangan usaha produksi teh herbal alami daun kelor (Moringa oleifera ) sangat memungkinkan untuk diterapkan oleh CV. Atlantic di Desa Tanjung Ara Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Berdasarkan dari hasil penelitian analisis QSPM di dapat prioritas strategi utama pada penelitian ini yaitu meningkatkan konsistensi usaha dalam mempertahankan kualitas produk untuk dapat bersaing dalam memasuki pangsa pasar regional.

Kata kunci : Kelor, Analisis SWOT, QSPM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RISMA YANI
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 13-06-2023 10:30
Terakhir diubah : 07-09-2023 14:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4263
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!