IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 LANGSA

RAIHAN SRI AMILIA (2023), IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Dalam proses pembelajaran diharapkan siswa dapat aktif dalam setiap pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang mendukung hal tersebut adalah model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan bantuan modul interaktif. Dengan model pembelajaran ini siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui implementasi model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan modul interaktif di SMA Negeri 1 Langsa. Adapun jenis penelitian yang digunakan didalam penelitian ini yaitu One Group Pre-Test and Post-Test Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Langsa yang terdiri dari dua belas kelas yaitu kelas X-A sampai dengan X-L yang berjumlah 386 siswa. Adapun sampel yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X-B sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dan lembar observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh nilai thitung untuk kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Paired Samples T-Test adalah 16,69 dan nilai ttabel = 1,699 hal ini berarti H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui implementasikan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan modul interaktif di SMA Negeri 1 Langsa. Saran yang diajukan yaitu hasil penelitian ini menjadi bahan pertimbangan dan masukan bagi sekolah dan guru untuk dapat menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan modul interaktif mendukung kemampuan komunikasi matematis siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Modul interaktif, Kemampuan Komunikasi Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RAIHAN SRI AMILIA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 04-09-2023 11:33
Terakhir diubah : 04-09-2023 11:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4424
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!