KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES KELAS VII SMP NEGERI 11 LANGSA

Ade Puspita Sari br Ginting (2023), KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI METODE CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES KELAS VII SMP NEGERI 11 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemahaman konsep matematika merupakan inti pembelajaran kemampuan dasar dalam proses pembelajaran. Pendekatan yang dapat digunakan dalam upaya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika dan akan sejalan dengan karekteristik matematika adalah metode conceptual understanding procedures. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 11 Langsa setelah mengalami pemebelajaran matematika dengan implementasi pendekatan metode conceptual understanding pada materi bangun datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental dengan desain yang digunakan yaitu Desain Nonequivalent Control Grup Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Langsa tahun ajaran 2022/2023 yaitu terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan yaitu 76 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Purpossive sampling. Sehingga didapat sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dengan jumlah 32 siswa dan siswa kelas VII-2 dengan jumlah 22 siswa. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk essay. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh nilai ttabel = 2,096 dan thitung = 6,638812 maka diperoleh hasil thitung > ttabel (6,638812 > 2,096) dengan tarafsignifikan 0,05 Jadi H0 ditolak dan H1 diterima artinya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah diajarkan dengan Metode pembelajaran Conceptual Understanding Procedures lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang di ajarkan dengan Metode pembelajaran Konvesional pada siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Langsa.

Kata kunci : Conceptual Understanding Procedures, Pemahaman Konsep Matematika

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ade Puspita Sari br Ginting
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 03-10-2023 11:50
Terakhir diubah : 16-10-2023 09:22
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4668
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!