IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN GEOGEBRA CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

APULINA BR SARAGIH (2023), IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED BERBANTUAN GEOGEBRA CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting dimiliki oleh siswa untuk menghadapi berbagai tantangan pendidikan yang tentunya berbeda-beda, namun pada kenyataannya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui implementasi pendekatan pembelajaran open ended dengan bantuan geogebra classroom di SMA Negeri 2 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu One group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Langsa, sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 2 dengan jumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Hasil tes kemudian dianalisis menggunakan uji Paired Samples T-Test. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung adalah 30.02 dan nilai ttabel = 1,705, hal ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui implementasi pendekatan pembelajaran open ended dengan bantuan geogebra classroom di SMA Negeri 2 Langsa.

Kata kunci : Pendekatan Pembelajaran Open Ended, Geogebra Classroom, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : APULINA BR SARAGIH
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 27-09-2023 15:31
Terakhir diubah : 28-09-2023 14:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4616
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!