IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 DARUL AMAN IDI CUT

NURUL SAFRINA (2018), IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 1 DARUL AMAN IDI CUT . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran Numbered Head Together merupakan model pembelajaran
yang menuntut siswa harus aktif dan bekerja samadalam kelompoknya.Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa secara
signifikan dengan Implementasi model pembelajaran Numbered Head Together kelas
XI MIA 2 pada materi Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMA Negeri I Darul
Aman Idi Cut dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan minat dan hasil
belajar siswa secara signifikan dengan Implementasi model pembelajaran Numbered
Head Together kelas XI MIA 2 pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di
SMA Negeri I Darul Aman Idi Cut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas XI di SMA Negeri Darul
Aman Idi cut yang berjumlah 84 siswa, Sampel yang diambil secara simple randem
sampling sehingga terpilih siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 21 siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Terdapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa
secara signifikan dengan Implementasi model pembelajaran Numbered Head
Together kelas XI MIA 2 pada materi Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di
SMA Negeri I Darul Aman Idi Cut, besar peningkatan minat dan hasil belajar siswa
secara signifikan dengan Implementasi model pembelajaran Numbered Head
Together kelas XI MIA 2 pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di SMA
Negeri I Darul Aman Idi Cut yaitu minat sebesar 5,347 dan hasil belajar 1,982. Saran
diharapkan kepada guru biologi agar dapat menggunakan model pembelajaran
Numbered Head Together/model pembelajaran lainnya agar memperoleh hasil
belajar yang lebih baik.

Kata kunci : Model pembelajaran Numbered Head Together, minat dan hasil belajar siswa.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NURUL SAFRINA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 11-01-2019 11:31
Terakhir diubah : 11-01-2019 11:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=36
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!