PENGARUH HARGA, PROMOSI, KERAGAMAN PRODUK DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE MELALUI E-COMMERCE PADA MAHASISWA UNSAM

Zalma Ramayani (2024), PENGARUH HARGA, PROMOSI, KERAGAMAN PRODUK DAN KEMUDAHAN TRANSAKSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE MELALUI E-COMMERCE PADA MAHASISWA UNSAM . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, promosi, keragaman produk dan kemudahan transaksi terhadap keputusan pembelian secara online melalui e-commerce pada mahasiswa UNSAM. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Samudra yang pernah melakukan transaksi pembelian secara online melalui e‑commerce di mana jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non‑probability sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 114 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (Adjusted R2). Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi linear berganda Y = 1,107 + 0,098X1 + 0,200X2 + 0,188X3 + 0,579X4. Hasil uji t menunjukkan secara parsial harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian secara online melalui e‑commerce pada mahasiswa UNSAM. Sedangkan promosi, keragaman produk dan kemudahan transaksi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online melalui e‑commerce pada mahasiswa UNSAM. Hasil uji F menunjukkan secara simultan harga, promosi, keragaman produk dan kemudahan transaksi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online melalui e‑commerce pada mahasiswa UNSAM. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R2) diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,604 atau 60,4%, sedangkan sisanya sebesar 39,6% dipengaruhi oleh variabel lain seperti kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepercayaan.

Kata kunci : Harga, Promosi, Keragaman Produk, Kemudahan Transaksi, Keputusan Pembelian.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Zalma Ramayani
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Manajemen (2024)
Tanggal disimpan : 01-11-2023 10:34
Terakhir diubah : 02-11-2023 14:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2024
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4893
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!