PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI AKU DAN KEBUTUHANKU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Tiara najmi (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON PADA MATERI AKU DAN KEBUTUHANKU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan Studi ini yaitu: 1) mengetahui validitas media pembelajaran berbentuk animasi menggunakan aplikasi powtoon pada materi aku dan kebutuhanku untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD; 2) untuk mengetahui praktikalitas media pembelajaran berbentuk animasi menggunakan aplikasi powtoon pada materi aku dan kebutuhanku; dan 3) untuk mengetahui dampak media pembelajaran berbentuk animasi menggunakan aplikasi powtoon pada materi aku dan kebutuhanku untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD. Model ADDIE digunakan dalam proyek Studi dan pengembangan (R&D) ini. Berikut hasil dari lima tahap pembuatan media edukasi berbentuk animasi dengan menggunakan aplikasi Powtoon: (Analisis), (Desain), (Pengembangan), (Implementasi), dan (Evaluasi) adalah urutan operasi. Sejauh mana penggunaan media pembelajaran berbentuk animasi menggunakan aplikasi powtoon ini diukur kelayakannya , ditentukan oleh penilaian: Ahli materi memperoleh nilai rerata 4,9, sehingga menempatkan mereka pada kategori sangat layak. Ahli media mempunyai rerata 4,84 sehingga menempatkannya pada kategori sangat layak. Praktisi pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 4,82 yang menempatkannya pada kategori sangat layak. Skor kelayakan uji lapangan diperoleh rerata 4,59 sehingga menempatkannya pada kategori sangat layak. Berdasarkan Studi peningkatan motivasi belajar siswa, materi pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi Powtoon meningkatkan motivasi sebesar 15,98% dari 82,95% (sebelumnya) menjadi 95,95% (post).

Kata kunci : animasi, powtoon, aku dan kebutuhanku, motivasi belajar, ADDIE

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Tiara najmi
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 11-10-2023 11:42
Terakhir diubah : 26-10-2023 10:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4716
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!