STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN ASIN DI KELURAHAN PASAR BELAKANG KECAMATAN SIBOLGA KOTA SUMATERA UTARA (STUDI KASUS : USAHA IKAN ASIN BU PIPIN)

WINDY FRANSISKA PANGGABEAN (2023), STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA IKAN ASIN DI KELURAHAN PASAR BELAKANG KECAMATAN SIBOLGA KOTA SUMATERA UTARA (STUDI KASUS : USAHA IKAN ASIN BU PIPIN) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan dalam peneitian ini yaitu menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan usaha ikan asin pada usaha pengolahan ikan asin Bu Pipin dan merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh usaha ikan asin pada usaha Bu Pipin. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Pasar Belakang Kecamatan Sibolga Kota, Sumatera Utara. Metode yang digunakan metode survei. Metode dalam penentuan sampel dalam penelitian adalah pemilik sekaligus pengelola usaha ikan asin pada Usaha Pengelolaan Ikan Asin Bu Pipin di Kelurahan Pasar Belakang Kecamatan Sibolga Kota Sumatera Utara. Responden dalam penelitian ini terdiri 5 tokoh kunci. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis QSPM didapat perioritas strategi utama dalam penelitian ini adalah memperluas lokasi usaha yang strategis agar produk yang berkualitas baik mendapatkan bahan baku yang cukup dengan bekerjasama dengan pemasok dalam meningkatkan ekonomi keluarga dan membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.

Kata kunci : Ikan Asin, Analisis SWOT, QSPM

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : WINDY FRANSISKA PANGGABEAN
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 06-10-2023 09:49
Terakhir diubah : 06-10-2023 09:49
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4688
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!