PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT PENYAKIT DALAM MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA UNTUK MENENTUKAN WAKTU ISTIRAHAT

Harry Bintang Pratama (2023), PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT PENYAKIT DALAM MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR BERGANDA UNTUK MENENTUKAN WAKTU ISTIRAHAT. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

RSUD Langsa yang merupakan rumah sakit tipe B yang telah berdiri sejak tahun 1915. RSUD Langsa menghadapi peningkatan jumlah pasien sehingga kebutuhan terhadap pelayanan rumah sakit meningkat. Peningkatan jumlah pasien mempengaruhi kinerja perawat dengan adanya beberapa faktor yang lain yaitu kebisingan, temperatur udara ruangan yang tinggi dan jumlah perawat yang kurang. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar nilai pengaruh positif beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja perawat dan menentukan waktu istirahat perawat. Metode yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dan %CVL. Hasil dari penelitian ini adalah uji F (Simultan) dengan nilai signifikan 0,003 < 0,05 sehingga hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil Uji t (Parsial) pada beban kerja (X1), nilai signifikan 0,005 < 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa hipotesis diterima, beban kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja perawat. .Hasil Uji t (Parsial) pada lingkungan kerja (X2), nilai signifikan 0,034 < 0,05. Waktu istirahat yang dibutuhkan oleh perawat shift pagi 65,24 menit, shift siang 62,95 menit, dan shift malam 64,66 menit. Kesimpulan dari penelitian ini adalah beban kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja perawat dan lingkungan kerja parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja perawat. Penentuan waktu istirahat dengan rata – rata %CVL diklasifikasikan diperlukan perbaikan, konsumsi energi dikategorikan beban kerja ringan, dan waktu istirahat yang dibutuhkan shift pagi 65 menit 14 detik, shift siang 62 menit 57 detik, dan shift malam 64 menit 39 detik.

Kata kunci : Kinerja Perawat, Beban Kerja, Lingkungan Kerja. Waktu Istirahat

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Harry Bintang Pratama
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 17-10-2023 20:34
Terakhir diubah : 18-10-2023 10:53
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4777
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!