PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA INFOGRAFIS PADA MATERI INTERAKSI KERANGAN DALAM KEHIDUPAN DI NEGARA ASEAN KELAS VIII

NANDA PRATIWI (2023), PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA INFOGRAFIS PADA MATERI INTERAKSI KERANGAN DALAM KEHIDUPAN DI NEGARA ASEAN KELAS VIII . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Tujuan peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran infografis untuk digunakan dalam pembelajaran IPS pada materi interaksi keruangan dalam kehidupan di negara ASEAN. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan Research and Development (R&D) merupakan suatu peneliti yang menghasilkan produk dan menguji keefektifanya dalam bidang pendidikan. Model penelitia yang digunakan dalam penelitia ini ialah 4D atau four D yaitu suatu model pengembangan perangkat pembelajaran. Model 4D terdiri atas 4 tahapan yaitu pertama tahap pendefinisian (Define) dalam tahap ini menemukan kebutuhan yang ada dalam proses pembelajara dalam tahap ini juga menemukan permasalahan agar bisa mendapatkan informasi terkait media apa yang akan digunakan, dengan melakukan observasi awal, wawancara, analisis buku. Tujuan dilakukanya agar mendapatkan permasalahan serta menemukan langkah awal untuk menentukan media yang akan dibuat. Kedua tahap perancangan (Design ), dalam tahapan ini membuat rancangan media pembelajaran infografis yang akan digunakan, dalam pembuatan media infografis ini disesuaikan oleh karakteritik peserta didik, tujuan pembelajaran, materi yang digunakan serta desain, layout, gambar dan lainnya. Tujuan dilakukan karena agar media pembelajaran infografis sesuai dan cocok dengan peserta didik. Ketiga tahap pengembangan (devlop) tujuan dalam tahap ini mengasilkan media pembelajaran infografis yang sudah di revisi dan yang sudah di uji coba kepada peserta didik, hasil penilaian dari validasi materi mendapatkan kategori sangat layak, dengan presentase 93,75%, penilaian yang diperoleh dari ahli media mendapatkan kategori sangat layak dengan persentasi 82,25%, penilaian yang diperoleh dari praktisi pendidik mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase 82,10% dan pada penilaian uji coba kepada peserta didik mendapatkan kategori sangat baik dengan persentase 82,63%, penelitian ini dilakukan di SMP IT TADZKIA pada kelas VIII. Berdasarkan data yang sudah diuraikan diatas maka media pembelajaran infografis pada materi interaksi keruangan dalam kehidupan di negara ASEAN dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Infografis, Inetaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara ASEAN

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NANDA PRATIWI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Geografi (2023)
Tanggal disimpan : 06-10-2023 08:39
Terakhir diubah : 06-10-2023 08:39
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4683
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!