ANALISA KEPUASAAN PELANGGAN PADA UNIT LAYANAN PELANGGAN PLN LANGSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI)

Ayu maulidar (2023), ANALISA KEPUASAAN PELANGGAN PADA UNIT LAYANAN PELANGGAN PLN LANGSA DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kepuasan pelayanan terhadap pelanggan merupakan hal yang sangat penting karena merupakan salah satu syarat agar perusahan dapat terus bertahan dan berkembang. Memberikan kepuasan pelayanan terhadap pelangan akan menyebabkan pencitraan yang baik bagi sebuah perusahaan itu sendiri. Kepuasan pelanggan dapat dilihat melalui tingkat kinerja sebuah persahaan dan menciptakan suatu tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiingkat kepuasan pelanggan ULP Kota Langsa berdasarkan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) serta mengetahui perbedaan kepuasan pelanggan diantara kedua metode tersbut. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriftif dengan menggunakan metode survei dan menggunakan data primer. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 30 orang responden sebagai bahan penelitian. Pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi serta menggunakan metode IPA dan CSI untuk mengetahui berapa persentase kepuasan pelanggan ULP Kota Langsa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan metode IPA kepuasan pelanggan mencapai persentase 99,80% dengan atribut yang perlu dipertahankan pada kuadran I (Kesungguhan para Karyawan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan) dan pada kuadran II yaitu : Penataan interior dan eksterior ULP Langsa sangat menarik, parkiran motor / mobil di ULP Langsa luas dan rapi, para karyawan yang selalu memberikan senyum dan sapa kepada pelanggan yang berkunjung, keramahan karyawan dalam melayani pelanggan sudah cukup baik, kemampuan pihak ULP Langsa dalam menanggapi keluhan / kritik / saran dari pelanggan, karyawan terampil dalam menangani pelanggan, dan karyawan mampu berkomunikasi dengan baik kepada pelanggan. Berdasarkan metode CSI kepuasan pelanggan mencapai persentase 71,96% menunjukan bahwa pelanggan masuk dalam katagotri “puas” terhadap pelayanan yang di berikan pihak ULP Kota Langsa.

Kata kunci : Importance performance Analysis, Customer Satisfaction Indeks, Metode Cronbach Alpha, Kepuasan Pelanggan, Unit Layanan Pelanggan PLN Langsa.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Ayu maulidar
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : MIPA Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 24-08-2023 10:53
Terakhir diubah : 13-09-2023 15:13
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4353
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!