PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” KELAS IV SD NEGERI 7 LANGSA TAHUN AJARAN 2018/2019

WINDA LISTANTI (2019), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 8 “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” KELAS IV SD NEGERI 7 LANGSA TAHUN AJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pelaksanaan pembelajaran pada materi gaya dengan gerak yang dilakukan
di sekolah terlihat bahwa hasil belajar siswa tidak mencapai KKM. Salah satu cara
yang dibutuhkan terhadap permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model
pembelajaran kooperatif word squareyang bertujuan untuk menanamkan konsep
pembelajaran dalam ingatan siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa
antara kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran word square dengan kelas IV-B yang menggunakan model lain
pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas kontrol SD Negeri 7Langsa.
Metode penelitian adalah metode eksperimen dan jenis penelitian ini quasi
eksperimental. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas IV-A dan kelas
IV-B yaitu masing-masing berjumlah 20 siswa yang ditentukan dengan teknik
total sampling. Kemudian diberikan perlakuan berbeda, kelas eksperimen dengan
model pembelajaran word square dan kelas kontrol dengan model pembelajaran
oleh guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan
dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan
berganda, jumlah soal pilihan berganda terdiri atas 20 item yang telah valid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan hasil belajar
(posttest) antara kelas IV-A yang menggunakan model pembelajaran word square
dengan kelas IV-B yang menggunakan model pembelajaran oleh guru setelah
perlakuan memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Berdasarkan dari hasilperhitungan thitungsebesar 3,58 dengannilai ttabeldengan taraf signifikan 1%adalah 2,71 (thitung>t
tabel) atau (3,58>2,71) maka Ho ditolak. Model pembelajaran
word square lebih baik digunakan untuk proses pembelajaran.
Disarankan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan model
pembelajaran word square pada materi gaya dengan gerak pada peristiwa di
lingkungan sekitar dan materi pelajaran lainnya yang dianggap sesuai.

Kata kunci : Kata Kunci : Model Pembelajaran Word Square dan Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : WINDA LISTANTI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2019)
Tanggal disimpan : 24-02-2020 12:27
Terakhir diubah : 24-02-2020 12:27
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=372
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!