MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 MATERI MARI MENANAM SERIBU POHON KELAS V SD NEGERI 7 KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SRI RATU SAFIATUDDIN (2019), MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING PADA TEMA 8 SUBTEMA 3 MATERI MARI MENANAM SERIBU POHON KELAS V SD NEGERI 7 KOTA LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar khususnya di masih berpusat pada guru dan jarang melibatkan aktivitas siwa. Oleh sebab itu siswa menjadi tidak percaya diri untuk mengutarakan pendapatnya dan tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Paired Storytelling Pada Tema 8 Subtema 3 Materi Mari Menanam Seribu Pohon Kelas V Sd Negeri 7 Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dengan tiga siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 7 Langsa, jalan Panglima Polem Desa Gampong Jawa Kecamatan Langsa Kota Kabupaten Kota Langsa Provinsi Aceh kelas V yang berjumlah 17 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes lisan. Hasil PTK (Penelitian Tindakan Kelas) ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa menggunakan metode pembelajaran Paired StoryTelling mengalami peningkatan. Begitu juga dengan hasil tes keterampilan berbicara siswa pada III siklus dengan hasil persentase 94%. Untuk itu diharapkan kepada Guru untuk dapat menggunakan metode pembelajaran yang inovatif seperti metode pembelajaran Paired storytelling yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran dan sesuai dengan materi yang akan diajarkan agar siswa tidak mudah jenuh dan bermalas-malasan



Kata kunci : Kata Kunci: Keterampilan Berbicara Siswa, Metode Pembelajaran, Paired Storytelling

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : SRI RATU SAFIATUDDIN
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2019)
Tanggal disimpan : 24-02-2020 12:21
Terakhir diubah : 24-02-2020 12:21
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=371
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!