PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT – BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS XISMA NEGERI 1 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

WINARTY DEWI (2019), PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY (ICT – BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS XISMA NEGERI 1 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan suatu pendekatan pembelajaran
yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks bagi peserta didik untuk belajar
tentang cara berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh
pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran.Information Communication and
Technology atau dalam bahasa indonesianya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi
Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu,
manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi mencakup segala hal yang
berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya. Tujuan daripada penelitian ini adalah: Untuk melihat
pengaruh Penerapan ModelProblem Based Learning Berbasis Information Communication
And Technology (ICT – Based Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Sistem Gerak di Kelas XI SMA Negeri 1 Langsa Tahun Pelajaran 2018/2019, Untuk
melihat seberapa besar Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis
Information Communication And Technology (ICT – Based Learning) dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak di Kelas XI SMA Negeri 1 Langsa Tahun
Pelajaran 2018/2019.Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan populasi
berjumlah 264 orang yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang
berjumlah 54 orang siswa/i yang masing-masing berasal dari kelas XI-MIA.3 dan XI-MIA.4.
Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan Uji Hipotesis untuk mencari nilai r
menggunakan persamaan regresi ganda, kemudian dilanjutkan dengan rumus Uji T
Perbandingan Dua Variabel Bebas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai F
hitung> Ftabelyaitu 1452 > 45,6 dengan -ttabel ≤thitung≤+ ttabel
yaitu -1,683 < 2,8 > 1,683. Kemudian diperoleh
hasil belajar yang didapatkan dari pre – test dan post – test yang masing-masing sebesar
37,59% dan 74,52% dengan peningkatan sebesar 1,08%. Dengan demikian, Ha dapat
diterima yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara model PBL berbasis ICT untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dikarenakan adanya video pembelajaran yang ditampilkan
sebagai pendukung proses pembelajaran sehingga siswa dapat mengembangkan keterampilan
penalaran dan siswa dapat berpikir lebih kritis untuk menyelesaikan masalah terkait materi
pembelajaran yang diajarkan.


 

Kata kunci : Kata kunci: Penerapan Model,Problem Based Learning, Information Communication and Technology, Hasil Belajar.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : WINARTY DEWI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2019)
Tanggal disimpan : 18-02-2020 10:36
Terakhir diubah : 18-02-2020 10:36
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=316
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!