PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS INTERACTIVE GAMES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK MTS NURUL IMAN TANJUNG MORAWA

Siti Nabila Barus (2023), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS INTERACTIVE GAMES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK MTS NURUL IMAN TANJUNG MORAWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang mana kemampuan berpikir kritis matematis ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses belajar dan merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik. Maka dari itu peranan guru sangat penting dalam memilih model pembelajaran yang cocok digunakan. Model pembelajaran inquiry adalah model mengajar yang sama dengan model penemuan, pembelajaran berbasis inquiry mengarah pada keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan meningkatkan rasa percaya diri peserta didik terhadap apa yang ditemukan dalam proses inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry berbasis interactive games terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik MTs Nurul Iman Tanjung Morawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu true eksperimental dengan desain Posttest-Only Control. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pengujian hipotesis dengan taraf signifikan α = 0,05 dan df = 57 dengan nilai t tabel = 1,672 dan t hitung = 6,69 sehingga t hitung > t tabel (6,69 > 1,672), maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran inquiry berbasis interactive games pada kelas VII-1 dengan peserta didik yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional pada kelas VII-2. Adapun saran yang diajukan bagi guru yaitu dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekolah kemudian dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung sehingga dapat mengembangkan dan melatih kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Bagi peneliti berikutnya diharapkan penelitian ini dapat diteruskan dan dikembangkan agar menjadi karya yang lebih baik lagi.

Kata kunci : Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pembelajaran Inquiry

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Siti Nabila Barus
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 12-01-2024 14:13
Terakhir diubah : 24-02-2024 11:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5207
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!