ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN UMKM AGROINDUSTRI SEBELUM DAN SESUDAH PEMBANGUNAN JALAN TOL (STUDI KASUS: DESA BENGKEL KECAMATAAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI)

NURHAJIZAH (2023), ANALISIS KOMPARASI PENDAPATAN UMKM AGROINDUSTRI SEBELUM DAN SESUDAH PEMBANGUNAN JALAN TOL (STUDI KASUS: DESA BENGKEL KECAMATAAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Desa Bengkel sebelum dan sesudah keberadaan jalan tol dan untuk mengetahui perbedaan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah sebelum dan sesudah keberadaan jalan tol. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan di Kabupaten Serdang Bedagai Kecamatan Perbaungan tepatnya di Desa Bengkel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 30 pelaku usaha mikro kecil dan menengah Agroindustri. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer da data sekunder. Untuk mengetahui perbedaan pendapatan usaha mikro kecil dan menengah sebelum dan sesudah keberadaan jalan tol dilakukan dengan menggunakan analisis pendapatan dan analisis uji beda rata-rata yaitu menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil dari penelitian ini yaitu Besar pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan sebelum pembangunan jalan tol adalah Rp. 876.765.450,00/bln Besar pendapatan usaha mikro kecil dan menengah di Desa Bengkel Kecamatan Perbaungan sesudah pembangunan jalan tol adalah Rp. 436.567.350,00/bln dan Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menggunakan uji Paired Sample T-test maka diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0.05 yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara pendapatan usaha mikro kecil dan menengah sebelum dan sesudah keberadaan jalan tol. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa H1 diterima.

Kata kunci : UMKM, Pendapatan dan Komparasi

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NURHAJIZAH
Fakultas : Fakultas Pertanian
Program.Studi : Agribisnis (2023)
Tanggal disimpan : 16-10-2023 14:42
Terakhir diubah : 16-10-2023 14:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4763
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!