FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BUKIT TEMPURUNG KECAMATAN KOTA KUALASIMPANG DIMASA PANDEMI

Muhammad Agil Amrija (2022), FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BUKIT TEMPURUNG KECAMATAN KOTA KUALASIMPANG DIMASA PANDEMI. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan merupakan usaha untuk mengembangkan kemampuan yang ada pada diri seseorang anak seoptimal mungkin, dimana kriterianya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga dalam pemberian pendidikan tidak ada paksaan melebihi kemampuan anak. Di dunia saat ini sedang marak wabah corona virus yang dapat menyebabkan penyakit yang disebut COVID-19. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19. Proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Penelitian ini ditulis dengan memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang di masa pandemi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Bukit Tempurung Kecamatan Kota Kualasimpang pada tahun 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru mata pelajaran pendidikan jasmani dan seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Bukit Tempurung yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data di lapangan maka didapati bahwasanya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Bukit Tempurung terdiri dari beberapa hal yaitu 1) proses pembelajaran, 2) alat pendukung pembelajaran, 3) kondisi lingkungan tempat tinggal, 4) peran orangtua, 5) minat belajar siswa.

Kata kunci : Faktor-faktor, Hasil Belajar, Pandemi Covid-19

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Muhammad Agil Amrija
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Jasmani (2022)
Tanggal disimpan : 11-10-2023 10:45
Terakhir diubah : 11-10-2023 13:11
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2022
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4713
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!