PEMETAAN TOPOGRAFI, JARINGAN JALAN DAN KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (STUDI KASUS: KECAMATAN LANGSA BARO)

RENDI RINANDA (2023), PEMETAAN TOPOGRAFI, JARINGAN JALAN DAN KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (STUDI KASUS: KECAMATAN LANGSA BARO). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Jalan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia sehari hari. Dengan adanya jalan, manusia dapat berpergian kemana saja untuk menuju ketempat atau tujuan aktifitasnya. Begitu juga bagi pemerintah, jalan merupakan sarana transportasi penting untuk menjalankan roda ekonomi dan pemerintahan. Langsa Baro merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kota Langsa dan merupakan tempat paling banyak wisata di antara Kecamataan lain yang ada di Kota Langsa, yaitu berletak di gampong paya bujok seulemak. Maka dari itu Langsa Baro ini memiliki akses keluar masuk pengendara yang cukup ramai. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan pemetaan topografi, jaringan jalan dan kerusakan jalan di Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa, dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). Metode penelitian ini berupa pemodelan jalan rusak menggunakan Sistem Informasi Geografis yang terbagi dalam tahapan utama yaitu pengembangan database dan analisis data mulai dari pengumpulan data, dan peta pendukung. Hasil pemodelan topografi di Kecamatan Langsa Baro yang dibuat dengan pembagian ketinggian 10mdpl dan di bagi menjadi 15 bagian dengan dengan ketinggian maksimal mencapai 154mdpl dan hasil pemodelan peta kerusakan jalan terdapat 23 titik kerusakan jalan di Kecamatan Langsa Baro dengan panjang jalan kolektor yang di teliti 7.296,7m dan panjang jalan arteri primer yang di teliti 4.231,5m dengan panjang keseluruhan jalan yang di teliti 11.528,2m.

Kata kunci : Pemodelan Peta Topografi, Jaringan Jalan, Kerusakan Jalan, berbasis Sistem Informasi Geografis.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RENDI RINANDA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 05-09-2023 12:09
Terakhir diubah : 05-09-2023 12:10
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4440
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!