PEMETAAN TOPOGRAFI, JARINGAN JALAN DAN IDENTIFIKASI KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (STUDI KASUS: JARINGAN JALAN KECAMATAN LANGSA KOTA)

MUHAMMAD ROSSI PRATAMA (2023), PEMETAAN TOPOGRAFI, JARINGAN JALAN DAN IDENTIFIKASI KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (STUDI KASUS: JARINGAN JALAN KECAMATAN LANGSA KOTA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Jalan mempunyai peranan penting terutama berkaitan dengan terwujudnya pembangunan antar daerah yang seimbang, pemerataan hasil pembangunan dan penguatan pertahanan dan keamanan negara dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional. Kecamatan Langsa Kota merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kota Langsa dimana berbagai pusat kegiatan baik pendidikan, ekonomi dan kesehatan terdapat di daerah ini dan juga menjadi daerah tempat paling banyak pusat perbelanjaan di antara kecamataan lain yang ada di Kota Langsa dan menjadi jalur keluar masuknya barang dan jasa serta ditambah dengan kepadatan penduduk yang tinggi, dikarenakan hal tersebut berdampak langsung pada ketahanan jalan dan sangat rentan akan kerusakan. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Model pemetaan topografi, jaringan jalan dan kerusakan jalan di Kecamatan Langsa Kota dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). 2. Mengetahui titik kerusakan jalan pada jaringan jalan kecamatan Langsa Kota. Metode penelitian ini berupa pemodelan jaringan jalan beserta koordinat titik-titik kerusakan jalan dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis yang dibagi dalam tahapan utama yaitu pengembangan database dan analisis data mulai dari pengumpulan data, dan peta pendukung. Hasil akhir dari penelitian ini diperoleh peta topografi, jaringan jalan dan peta kerusakan jalan di Kecamatan Langsa Kota.

Kata kunci : Kerusakan jalan, Peta Topografi, Sistem Informasi Geografis

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : MUHAMMAD ROSSI PRATAMA
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 01-02-2024 10:00
Terakhir diubah : 01-02-2024 10:44
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5308
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!