PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LANGSA

Laila Azra Safitri (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT BERBASIS APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa. Pembelajaran yang dilakukan kurang membuat siswa aktif dan kurangnya keterlibatan media pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan hasil penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbasis aplikasi Kahoot untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbasis Aplikasi Kahoot. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian dari Saur Tampubolon. Subjek penelitian tindakan kelas merupakan siswa IV-A SD Negeri 1 Langsa dengan jumlah 25 orang. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan 3 siklus dengan 2 kali pertemuan pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata aspek kognitif adalah 76,12; afektif 79,80; dan psikomotorik 82,5. Kemudian siklus II nilai rata-rata aspek kognitif ialah 82,93; afektif 88,5 dan psikomotorik 91,5. Siklus III nilai rata-rata aspek kognitif meningkat menjadi 89,65, afektif 98,3; dan psikomotorik 97. Dari ketiga siklus hasil belajar telah mencapai indikator keberhasilan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika setelah menerapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbasis aplikasi Kahoot. Berdasarkan hasil penelitian ini hendaknya guru dapat memperbaiki hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbasis aplikasi Kahoot.

Kata kunci : Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project, aplikasi Kahoot, hasil belajar matematika

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Laila Azra Safitri
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 02-01-2024 14:42
Terakhir diubah : 03-01-2024 10:00
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=5156
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!