PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA BAGAN POHON (TREE CHART) DENGAN BAGAN ORGANISASI PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X SMA NEGERI 3 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NOVIA SUWARDANI ARIGA (2018), PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA BAGAN POHON (TREE CHART) DENGAN BAGAN ORGANISASI PADA MATERI ANIMALIA DI KELAS X SMA NEGERI 3 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan sebagai kunci penting bagi suksesnya kemajuan suatu bangsa, kemajuan tersebut didukung dengan sumber daya manusia yang berkualitas, dan tentu saja kualitas sumber daya manusia tidak muncul begitu saja tanpa di dukung oleh pendidikan yang berkualitas pula, segala upaya demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas, telah dan akan terus dilakukan oleh semua pihak termasuk pemerintah sebagai pihak yang mengatur regulasi pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adaPerbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Bagan Pohon (Tree chart) Dengan Bagan Organisasi Pada Materi Animalia Di Kelas X SMA Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017 dan Seberapa besar Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Bagan Pohon (Tree chart) Dengan Bagan Organisasi Pada Materi Animalia Di Kelas X SMA Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan berupa metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa-siswi kelas X (sepuluh) yang terdapat di SMA Negeri 3 langsa dengan jumlah sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XA1 yang disebut dengan kelas eksperimen 1 dan kelas XA3 yang disebut dengan kelas eksperimen 2. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t . Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel, maka dapat disimpulkanAda Perbandingan Yang Signifikan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Bagan Pohon (Tree chart) Dengan Bagan Organisasi Pada Materi Animalia Di Kelas X SMA Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Bagan Pohon (Tree chart) Dengan Bagan Organisasi Pada Materi Animalia Di Kelas X SMA Negeri 3 Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah diuji memiliki selisih sebesar 13,53. Disarankan kepada guru biologi dalam memberikan materi kingdom animalia menggunakan media bagan pohon agar diperoleh hasil belajar yang lebih baik. Guru hendaknya selalu berusaha menggunakan berbagai media pembelajaran yang bervariasi pada proses belajar mengajar agar dapat membangkitkan semangat siswa saat belajar sehingga hasil yang diperoleh menjadi lebih baik


Kata kunci : Kata Kunci : perbandingan hasil belajar, Bagan (chart). Animalia

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : NOVIA SUWARDANI ARIGA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 03-03-2020 11:13
Terakhir diubah : 03-03-2020 11:13
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=487
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!