Pencarian
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI KELAS VII SMP NEGERI 6 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
RISKI AULIA ANANDA (2018),
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
PADA MATERI KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM
DI KELAS VII SMP NEGERI 6 LANGSA
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
. Skripsi, Universitas Samudra.
ABSTRAK
Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
adalah model pembelajaran yang menggabungkan kegiatan yang terkait dengan
membaca, memahami bacaan dan menulis secara kelompok. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui ada peningkatkan hasil belajar siswa dan seberapa besar
peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) pada materi Ketergantungan dalam Ekosistem di
Kelas VII SMP Negeri 6 Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 6 Langsa yang terdiri dari 5 kelas
berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil 1 kelas dari keseluruhan
kelas populasi, yaitu kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model
Cooperative Integrated Reading and Composition. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan rumus peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Cooperative Integrated
Reading and Composition (CIRC) pada materi Ketergantungan dalam Ekosistem di
Kelas VII SMP Negeri 6 Langsa Tahun Pelajaran 2016/2017. Besarnya peningkatan
hasil belajar siswa yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran ini yaitu
sebesar 26,7%.
File ::(login required)
Tipe Items | : Skripsi |
Penulis/Penyusun | : RISKI AULIA ANANDA |
Fakultas | : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Program.Studi | : Pendidikan Biologi (2018) |
Tanggal disimpan | : 03-03-2020 10:15 |
Terakhir diubah | : 03-03-2020 10:15 |
Penerbit | : Langsa, Universitas Samudra, 2018 |
URI | : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=486 |
Root | : https://www.unsam.ac.id |