PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KETAATAN ATURAN AKUNTANSI DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI PADA OPD KOTA LANGSA

Maghfira Yumna Zalia (2023), PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL, KETAATAN ATURAN AKUNTANSI DAN ASIMETRI INFORMASI TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI PADA OPD KOTA LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, dan Asimetri Informasi terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Pada OPD Kota Langsa. Pemilihan sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu 30 OPD di Kota Langsa. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner pada 3 (tiga) orang responden dari setiap keseluruhan OPD dengan total 90 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 26 sebagai alat analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pengendalian Internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi, (2) Ketaatan Aturan Akuntansi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi, (3) Asimetri Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi.

Kata kunci : Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, Asimetri Informasi, OPD

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Maghfira Yumna Zalia
Fakultas : Fakultas Ekonomi
Program.Studi : Akuntansi (2023)
Tanggal disimpan : 25-10-2023 09:08
Terakhir diubah : 25-10-2023 15:34
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4820
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!