PENERAPAN ASESSMEN FORMATIF MELALUI APLIKASI WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

EVOLANDO HISKIA (2023), PENERAPAN ASESSMEN FORMATIF MELALUI APLIKASI WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dan hasil belajar dengan penerapan asesmen formatif melalui aplikasi wordwall pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalen control group design. Penelitian dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purpose sampling dengan sampel pada kelas kontrol sebanyak 29 siswa dan pada kelas eksperimen 29 siswa. Instrumen penelitian berupa tes soal pilihan berganda dan angket minat belajar siswa. Teknik analisis data mengunakan uji N-gain, dan Uji statistic independent T Test untuk hasi belajar dan uji MannWhitney untuk minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan penerapan asesmen formatif melalui aplikasi wordwall terhadap hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan hasil rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,84 kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,56 kategori sedang. Kemudian hasil rata-rata total angket minat belajar siswa per-indikator di kelas eksperimen memiliki rata-rata 85,11% yang berinterpretasi sangat baik dan kelas kontrol 67,8% dengan interpretasi baik. Berdasarkan uji hipotesis didapat bahwa Ha1 terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan pada penerapan asesmen formatif melalui aplikasi wordwall dibandingkan dengan yang tidak menggunakan aplikasi wordwall dan Ha2 yaitu terdapat perbedaan minat belajar siswa yang signifikan pada penerapan asesmen formatif melalui aplikasi wordwall dari pada yang tidak menggunakan aplikasi wordwall. Maka dapat disimpulkan bahwasanya penerapan asesmen formatif melalui aplikasi wordwall memberikan hasil yang signifikan terhadap minat belajar siswa.

Kata kunci : Asesmen formatif, Minat belajar, Wordwall

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : EVOLANDO HISKIA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Kimia (2023)
Tanggal disimpan : 13-10-2023 10:40
Terakhir diubah : 16-10-2023 09:31
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4744
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!