PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 12 LANGSA

Medi Yarfan (2023), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 12 LANGSA. Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan utama dalam pembelajaran matematika. Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika haru dikembangkan, dalam proses pembelajaran siswa perlu dibiasakan untuk memecahkan masalah, baik masalah matematika maupun dalam masalah sehari hari. Kenyataannya, kemampuan masalah matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yaitu model pembelajaran Problem Based Instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Langsa setelah mengalami pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design tipe one grup pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Langsa Tahun Ajaran 2022/2023 yakni terdiri dari 2 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik adalah 57 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sample random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-1 dengan jumlah peserta 28 peserta didik. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 soal uraian. Dari hasil penelitian diperoleh: dk=27 dengan nilai ttabel = 2,052 dan thitung = 56 maka diperoleh hasil thitung > ttabel (14,55 > 2,052) dengan taraf signifikan 5% jadi H0 ditolak dan Ha diterimah, dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SMP Negeri 12 Langsa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI).


 

Kata kunci : Problem Based Instruction (PBI), Pemecahan Masala

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Medi Yarfan
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Matematika (2023)
Tanggal disimpan : 27-09-2023 10:09
Terakhir diubah : 27-09-2023 16:14
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4608
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!