PENGETAHUAN DAN PEMANFAATAN DAUN DEWA (Gynura segetum) SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DI DESA MATANG SENTANG KECAMATAN SERUWAY TAHUN 2016

APRIANTI (2018), PENGETAHUAN DAN PEMANFAATAN DAUN DEWA (Gynura segetum) SEBAGAI OBAT TRADISIONAL DI DESA MATANG SENTANG KECAMATAN SERUWAY TAHUN 2016 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman daun dewa di antaranya senyawa flavonoid, asam fenolat, asam klorogenat, asam kafeat, asam p-kumarat, asam phidroksibenzoat, dan asam vanilat. Selain senyawa tersebut, pada daun dewa juga ditemukan senyawa alkaloid, tanin, dan polifenol. Tanaman daun dewa mengandung berbagai unsur kimia yang berkhasiat untuk mengatasi stroke, antiradang, pereda deman (antipirentik) penghilang nyeri (analgesik), pembersih darah, dan pengencer darah beku (antikoagulan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan pemanfaatan daun dewa (Gynura segetum) Sebagai Obat Tradisional di Desa Matang Sentang kecamatan Seruway Tahun 2016. Untuk mengetahui Jenis penyakit apa saja yang dapat diobati dengan daun dewa (Gynura segetum). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 110 KK , sedangkan sampel sebanyak 55 KK.hasil penelitian menunjukan pengetahuan daun dewa (Gynura segetum) Sebagai Obat Tradisional di Desa Matang Sentang Kecamatan Seruway Tahun 2016 cukup dengan nilai persentase sebesar 47,5%. Pemanfaatan daun dewa (Gynura segetum) Sebagai Obat Tradisional di Desa Matang Sentang Kecamatan Seruway Tahun 2016 cukup dengan persentase 40,9%. Jenis penyakit yang dapat diobati dengan daun dewa (Gynula segetum) adalah darah tinggi, meningkatkan fungsi hati, mencegah perkembangan sel kanker, demam berdarah , wasir, kencing manis , Rematik , stroke, haid, mengobati penyakit jantung, luka dalam dan luka luar, kejang pada anak-anak, Menghentikan pendarahan pada wanita, mengatasi payudara membengkak,Mengobati gigitan binatang berbisa, memar, Mengobati kutil, demam atau panas dan mengatasi gangguan ginjal serta mengobati batuk dan muntah darah. Kepada masyarakat Desa Matang Sentang Kecamatan Seruway Kabupaten Aceh agar memanfaatkan potensi tanaman daun dewa (Gynura segetum) sebagai obat tradisonal selain gampang di dapat juga memiliki efek samping yang tidak membahayakan kesehatan. Pentingya bagi masyarakat untuk mengetahui etnobotani tanaman agar dapat memanfaatkan tanaman disekitarnya untuk kepentingan pengobatan dan untuk pemanfaatan lainnya.


Kata kunci : Kata Kunci : Pengetahauan, Obat Tradisional, Daun Dewa (Gynura Segetum)

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : APRIANTI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 28-02-2020 10:56
Terakhir diubah : 28-02-2020 10:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=443
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!