PENERAPAN MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALY (TAI) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VII SMP NEGERI 2 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ELUWIS NAMANJA (2019), PENERAPAN MODEL TEAMS ASSISTED INDIVIDUALY (TAI) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VII SMP NEGERI 2 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Peningkatan hasil belajar merupakan sejumlah kompetensi yang diperoleh seseorang setelah menjalani proses belajar mengajar dalam jangka waktu tertentu. Penggunaan model pembelajaran TAI melibatkan semua siswa dalam proses belajarnya sehingga tidak membedakan siswa yang cerdas maupun siswa yang tidak cerdas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Tujuan penelitian ini Untuk melihat pengaruh Penerapan model Teams Assisted Individualy (TAI) Terhadap Peningkatan Hasil BelajarSiswa Pada Sistem Pencernaan Kelas VII SMP Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Penerapan model Teams Assisted Individualy (TAI) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VII SMP Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen, objek dibagi menjadi 1 kelompok yaitu kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen menggunakan model TAI untuk menghitung peningkatan hasil belajar. Variabel Penelitian merupakan objek yang dijadikan penelitian. Adapun yang menjadi variable didalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa yang ditetapkan sebagai variable terikat sedangkan model TAI ditetapkan sebagai variable bebas. Hasil penelitian diketahui Ada Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan model Teams Assisted Individualy (TAI) Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VII SMP Negeri 2 Langsa Tahun Pelajaran 2017/2018. Besar Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan model Teams Assisted Individualy (TAI) Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VII SMP Negeri 2 LangsaTahun Pelajaran 2017/2018 68,02%. Setelah dilakukan penelitian disarankan kepada guruguru Biologi agar dapat menerapkan model pembelajaran TAI pada materi sistem pencernaan sebagai model alternative dalam pembelajaran biologi. Sebaiknya dalam menggunakan model pembelajaran TAI perlu dipertimbangkan penggunaan waktu yang tersedia sehingga pembelajaran akan menjadi lebih efektif dan efisien.




Kata kunci : Kata kunci: Hasil Belajar, Model TAI, SMP Negeri 2 Langsa

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : ELUWIS NAMANJA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2019)
Tanggal disimpan : 26-02-2020 16:43
Terakhir diubah : 26-02-2020 16:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=433
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!