PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 “PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN” KELAS V SD NEGERI 7 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DEBBY ANGGIA (2019), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 7 “PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN” KELAS V SD NEGERI 7 LANGSA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah yaitu terlihat bahwa dalam proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah, penugasan, dan mencatat serta tidak melibatkan peserta didik ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik tidak mencapai KKM. Pembelajaran demikian membuat peserta didik merasa bosan mengikuti pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match yang bertujuan untuk melibatkan peserta didik untuk terlibat aktif dan tertarik mengikuti pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik pada Tema 7 “Peristiwa Dalam Kehidupan” kelas V SD Negeri 7 Langsa dan mengetahui penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Tema 7 “Peristiwa Dalam Kehidupan” kelas V SD Negeri 7 Langsa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimental. Penelitian ini dilakukan dalam pembelajaran 1,2 dan 3 subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan. Sampel penelitian iniadalah sebanyak 34 peserta didik, yang terdiri dari 17 peserta didik kelas VA (diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Make A Match) dan 17 peserta didik kelas VB (dengan menggunakan pembelajaran konvensional) yang ditentukan dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitain ini adalah, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil perhitungan thitung sebesar 4,95 dan nilai ttabel dengan taraf signifikasi 1% adalah 2,74. thitung ≥ ttabel, atau 4,95 ≥ 2,74. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dilihat dari nilai posttest kelas eksperimen dengan menggunakan model pebelajaran make a match yaitu memperoleh nilai ratarata peserta didik 78,23 dan nilai posttest kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yaitu memperoleh nilai rata-rata peserta didik 64,11. Penulis mengharapkan kepada guru kelas kiranya dapat menggunakan model pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran Make A Match yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi pelajaran.


Kata kunci : Kata Kunci: Model Pembelajaran Make A Match, Hasil Belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DEBBY ANGGIA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2019)
Tanggal disimpan : 26-02-2020 16:28
Terakhir diubah : 26-02-2020 16:28
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2019
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=429
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!