ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RSUD DR. ZUBIR MAHMUD IDI TIMUR, KABUPATEN ACEH TIMUR)

FAUZIAH (2023), ANALISIS PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS: RUMAH SAKIT UMUM DAERAH RSUD DR. ZUBIR MAHMUD IDI TIMUR, KABUPATEN ACEH TIMUR) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

RSUD dr. Zubir Mahmud Aceh Timur merupakan salah satu rumah sakit rujukan pelayanan kesehatan didaerah Aceh Timur. Permasalahan yang dialami adalah kondisi fasilitas rumah sakit yang kurang memadai, serta penggunaan fasilitas rumah sakit telah banyak yang rusak. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis kinerja pada Rumah Sakit RSUD dr. Zubir Mahmud Aceh Timur dengan menggunakan metode Balance Scorecard. Metode yang digunakan adalah Balanced Scorecard, Balanced Scorecard merupakan salah satu metode untuk mengukur kinerja sebuah perusahaan melalui kerangka kerja pengukuran yang didasarkan atas empat perspektif, yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, proses pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menggunakan metode Balanced Scorecard menunjukan bahwa pada perspektif keuangan mempunyai nilai 4,66% dengan skor A. dan perspektif pelanggan memiki nilai 4,33% dengan skor A. Sedangkan pada perspektif bisnis internal memiliki nilai 2,87% katagori C, kemudian pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan memiliki nilai 4,25% dengan skor A.

Kata kunci : Pengukuran kinerja, Balanced scorecard

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : FAUZIAH
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 13-06-2023 11:28
Terakhir diubah : 26-09-2023 09:56
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4279
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!