PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III-A SD NEGERI 1 LANGSA

YUSTIKA DESYORI (2023), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III-A SD NEGERI 1 LANGSA . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses pembelajaran tematik yaitu pembelajaran tematik belum menggunakan model pembelajaran Talking Stick, pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga membuat peserta didik tidak aktif dalam belajar, dan  kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat atau bertanya bila ada materi yang belum dipahami.


Berdasarkan permasalahan diatas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran kooperatif Talking Stick dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III-A SD Negeri 1 Langsa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas III-A SD Negeri 1 Langsa.


Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan metode penelitian model Pre-Eksperimental Designs tipe One Shot Case Study. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa Obesrvasi, tes, dan non tes,  kemudian dianalisis dengan Uji-t, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov-Smirnov.


Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah diberikan Treatment (perlakuan) yaitu nilai pada ranah kognitif (pengetahuan) memperoleh nilai sebesar thitung 3,073 > ttabel 2,045. Ranah Afektif memperoleh nilai sebesar thitung4,515 > ttabel2,045, sedangkan pada ranah psikomotorik memperoleh nilai sebesar thitung 3,714 >  ttabel2,045. Hasil perhitungan dengan uji hipotesis pada ketiga ranah dengan taraf signifikan 0,05 didapat thitung > ttabel yang artinya Ha pada ketiga ranah tersebut diterima dan Ho pada penelitian ini ditolak.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat memberikan dampak positif pada ketiga ranah yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan model  pembelajaran yang menarik dan tidak hanya berpusat pada guru tetapi siswa juga harus aktif dalam kegiatan proses belajar.

Kata kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran Kooperatif Talking Stick

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : YUSTIKA DESYORI
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : PGSD (2023)
Tanggal disimpan : 12-06-2023 16:18
Terakhir diubah : 05-09-2023 08:42
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4258
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!