ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS (STUDI KASUS : JL. JEND. A. YANI KOTA LANGSA)

RIZKY RENALDI (2023), ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS (STUDI KASUS : JL. JEND. A. YANI KOTA LANGSA) . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Hambatan samping adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan keterkaitan antara arus lalu lintas dan kegiatan sepanjang sisi jalan. Penelitian ini menggunakan metode MKJI 1997 metode yang sangat efektif digunakan dalam perencanaan, analisa operasional lalu lintas, metode ini dapat digunakan untuk menghitung derajat kejenuhan. Berdasarkan hasil analisis hambatan samping pada segmen I (Arah Timur) sebesar 521,1 kejadian/jam, segmen I (Arah Barat) sebesar 526,6 kejadian/jam. Pada segmen II (Arah Timur) sebesar 526,8 kejadian/jam dan segmen II (Arah Barat) sebesar 518,1 kejadian/jam serta pada segmen III (Arah Timur) sebesar 500,4 kejadian/jam. Ketiga segmen tersebut masuk pada kelas hambatan samping sangat tinggi (VH). Derajat kejenuhan yang didapatkan dari rasio volume lalu lintas dan kapasitas jalan, pada setiap segmen nilai memiliki nilai rasio ≥1, ini menunjukkan bahwa setiap kapasitas jalan sudah jenuh dan nilai tingkat pelayanan berada pada kelas F dengan arus terhambat, kecepatan rendah, volume padat atau mendekati kapasitas.


 

Kata kunci : Derajat Kejenuhan, Hambatan Samping, Jalan Kota.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : RIZKY RENALDI
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Sipil (2023)
Tanggal disimpan : 26-05-2023 09:10
Terakhir diubah : 05-09-2023 14:43
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=4197
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!