IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN KARYAWAN TETAP (STUDI KASUS : JASA PENGIRIMAN BARANG NINJA XPRESS MATANG SEULIMENG, LANGSA)

Cut Adinda Fitri Shelfia (2023), IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN KARYAWAN TETAP (STUDI KASUS : JASA PENGIRIMAN BARANG NINJA XPRESS MATANG SEULIMENG, LANGSA). Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Sistem Pendukung Keputusan (SPK) suatu sistem yang ditujukan untuk mendukung manajemen pengambilan keputusan dan sistem yang berbasis  komputer memecahkan masalah-masalah yang tidak terstruktur. Pada saat ini Ninja Xpress sedang mengadakan proses penyeleksian pada karyawan biasa untuk  menjadi karyawan tetap. Permasalahan yang dihadapi perusahaan saat ini yaitu perlu adanya solusi pemecahan masalah dengan membuat sistem pendukung keputusan yang akurat untuk mempercepat dan mempermudah pemilihan calon karyawan tetap sehingga membutuhkan metode sistem pendukung keputusan untuk para calon karyawan tetap. Berdasarkan masalah tersebut maka diusulkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk mempercepat, mempermudah, juga membantu memilih karyawan tetap dengan menggunakan metode TOPSIS sehingga dapat digunakan oleh perusahaan untuk memberikan hasil terbaik untuk calon karyawan tetap kepada karyawan yang terpilih dari hasil perhitungan yang diberikan oleh sistem perusahaan. Hasil dari perhitungan yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu menyatakan bahwa alternatif yang terpilih dan paling sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh perusahaan adalah Alternatif (A7) yaitu Andre dengan nilai 0.9687 dan yang memiliki nilai terendah yaitu Alternatif (A9) yaitu Syawal dengan nilai 0.1871, karena kandidat calon karyawan tetap (A7) itu mempunyai nilai tertinggi dari 7 aspek kriteria yang ditentukan, antara lain kepercayaan diri, berpengetahuan yang luas, jujur dan amanah, target, disiplin, tata krama yang baik, dan berpengalaman. Jasa Pengiriman Barang Ninja Xpress Matang Seulimeng, Langsa untuk kedepannya dapat mempertimbangkan  penggunaan metode TOPSIS dalam melakukan pemilihan calon karyawan tetap, karena dengan metode TOPSIS perusahaan dapat menemukan hasil yang lebih akurat untuk para kandidat calon karyawan perusahaan tersebut.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan (SPK), TOPSIS / Decision Support System (DSS),Employees TOPSIS.

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : Cut Adinda Fitri Shelfia
Fakultas : Fakultas Teknik
Program.Studi : Teknik Industri (2023)
Tanggal disimpan : 09-02-2023 15:13
Terakhir diubah : 22-06-2023 20:47
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2023
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=3759
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!