PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFINGGER MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DIKELAS VII SMP NEGERI 1 LHOKSUKON TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DESVI ARYANTI PAGAY (2018), PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFINGGER MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DIKELAS VII SMP NEGERI 1 LHOKSUKON TAHUN PELAJARAN 2017/2018 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Pendidikan merupakan faktor penentu kemajuan bangsa. Dalam pendidikan
penyebab rendahnya hasil belajar disebabkan pada proses pembelajaran dengan
menggunakan media pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan,
seperti menggunakan metode ceramah , dimana pembelajaran berlangsung satu arah.
Guru menerangkan sementara siswa menyalin menyebabkan pembelajaran tersebut
kurang efektif digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Trefingger menggunakan media animasi terhadap hasil belajar siswa
pada materi ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Lhoksukon Tahun Pelajaran
2017/2018. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran
Trefingger menggunakan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi
ekosistem di kelas VII SMP Negeri 1 Lhoksukon Tahun Pelajaran 2017/2018.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi
eksperimen, dimana objek dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Adapun variabel didalam penelitian ini adalah
hasil beajar siswa yang ditetapkan sebagai variabel terikat sedangkan model
Treffinger dengan menggunakan animasi ditetapkan sebagai variabel bebas. Hasil
penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran
Treffinger Menggunakan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Ekosistem Di Kelas VII SMP Negeri 1 Lhoksukon Tahun Pelajaran 2017/2018.
Besarnya Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Menggunakan Media Animasi
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas VII SMP Negeri 1
Lhoksukon Tahun Pelajaran 2017/2018 adalah 6,31. Model pembelajaran Treffinger
sebaiknya digunakan dengan menggunakan media animasi agar hasil belajar menjadi
lebih baik Sebaiknya guru lebih kreatif dengan memadukan model pembelajaran dan
media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah

Kata kunci : Kata kunci : Model Treffinger, Media Animasi, Hasil belajar

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : DESVI ARYANTI PAGAY
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 21-02-2020 15:54
Terakhir diubah : 21-02-2020 15:54
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=367
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!