PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 1 INDRA MAKMU KECAMATAN INDRA MAKMU KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

REZA MAULANA (2018), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 1 INDRA MAKMU KECAMATAN INDRA MAKMU KABUPATEN ACEH TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 . Skripsi, Universitas Samudra.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kurangannya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Indra Makmu. Berdasarkan masalah tersebut, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Indra Makmu dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Sedangkan data yang diambil meliputi data keaktifan belajar siswa dan data hasil penerapan model pembelajaran SAVI. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan validitas conttruct. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Indra Makmu. Peningkatan keaktifan belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan persentase indikator keaktifan belajar siswa. Persentase indikator keaktifan belajar siswa perhatian pada kondisi awal 77%, pertemuan pertama menggunakan model pembelajaran SAVI 95%, pertemuan kedua menggunakan model pembelajaran SAVI 98%. Persentase indikator keaktifan belajar siswa mengemukakan gagasan pada kondisi awal 16%, pertemuan pertama menggunakan model pembelajaran SAVI 33%, pertemuan kedua menggunakan model pembelajaran SAVI 45%. Persentase indikator keaktifan belajar siswa kerjasama pada kondisi awal 0%, pertemuan pertama menggunakan model pembelajaran SAVI 91%, pertemuan kedua menggunakan model pembelajaran SAVI 97%. Persentase indikator keaktifan belajar siswa pemecahan masalah pada kondisi awal 0%, pertemuan pertama menggunakan model pembelajaran SAVI 51%, pertemuan kedua menggunakan model pembelajaran SAVI 56%. Kata kunci: Pembelajaran SAVI, keaktifan belajar.

Kata kunci : -

File ::(login required)
Tipe Items : Skripsi
Penulis/Penyusun : REZA MAULANA
Fakultas : Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Program.Studi : Pendidikan Biologi (2018)
Tanggal disimpan : 10-02-2020 09:30
Terakhir diubah : 10-02-2020 09:30
Penerbit : Langsa, Universitas Samudra, 2018
URI : https://etd.unsam.ac.id/detail.php?id=244
Root : https://www.unsam.ac.id
Kembali ke atas!